Ujian terberat dan teraneh (eps. 02)

Ujian dimulai. Ujian pertama yaitu TPA atau Tes Kemampuan Akademik. Tes ini mirip2 dengan tes IQ. Jadi logika dan kemampuan berpikir keraslah yang diujikan. Waktu 60 menit untuk 65 soal. Berarti 1 menit digunakan untuk mengerjakan 1 soal. Hmm, untuk soal yang membutuhkan logika tentu saja tidak semua dikerjakan.

Menurut analisa beberapa kawan, tes TPA sesungguhnya tidak untuk dikerjakan semua. Secara logika memang ada benarnya. Soal yang panjang seperti penarikan kesimpulan dan aritmetika tentu membutuhkan waktu yang banyak untuk berpikir. Jadi tidak mungkin kita sanggup menyelesaikan semua (secara benar. hehehe…)

Aku kaget melirik lembar jawaban tetangga. Full. Jawabanku hanya sekitar 60% eh kiri kananku full. Aku lemas. Down. Aku segencar mungkin membaca lafadz2 doa. Berharap aku bisa lolos.

Materi uji pertama terlewati. Selanjutnya  materi TKD alias Tes Kemampuan Dasar. Lagi2 dengan sistem penilaian SNMPTN. Aku harus waspada. Aku cari soal yang sekiranya bisa aku kerjakan. Lumayan, ada beberapa soal yang mudah (walau ternyata banyak yang susah).

Sekali lagi kulirik tetanggaku. Ya ampun! Lagi2 full!!! Bahkan di lembar soalnya masih bersih. Tak ada bekas hitungan. Kalian pasti paham bagaimana pikiranku saat itu. Ada 3 kemungkinan: 1. Dia bisa, 2. Dia tidak bisa tapi nekat, 3. Dia tidak bisa dan mendapat “bantuan”. Yah, cuma Tuhan dan dia yang tahu.

Pukul 10.00 ujian TKD berakhir. Istirahat 15 menit setidaknya mampu mendinginkan otakku yang mulai panas. Walau aku kelaparan, setidaknya aku bisa refresh otakku yang mulai penat. Aku kembali mengajak tetanggaku berbincang-bincang. Terutama tentang tes wawancara untuk esok.

Tes wawancara kali ini tampaknya benar2 menguji mental para calon maba. Bagaimana tidak, panitia PMB tidak memberitahukan bagaimana tata cara mengikuti tes wawancara. Jam dimulainya tes pun pengawas ujian tulis tak tau.

Jam 10.15 waktunya peserta masuk ke ruangan untuk ujian tulis yang terakhir. TBSP yaitu Tes Bidang Studi Pilihan alias tes sesuai bidang studi IPA atau IPS… aku mengambil IPA. Ada 5 bidang studi yang diujikan. Matematika, fisika, biologi, kimia dan IPA terpadu. Waktu yang disediakan hanya 90 menit untuk 75 soal dimulai dari pukul 10.30.

Ujian yang menegangkan. Karena tetanggaku tampak putus asa oleh soalnya. Begitu pula aku. Soalnya begitu rumit dan panjang. Aku hanya pasrah kepada Allah. Yang jelas aku sudah berusaha maksimal dan berharap Allah mengabulkan doaku…

0 komentar: